INSTRUMEN
EVALUASI DIRI MADRASAH
( E D M )
MTs SABILUL MUTTAQIEN
Jl. Pendidikan 1 Baru Nalo kecamatan Nalo Tantan kabupaten Merangin ProvINSI Jambi
Telephone : 0334 890579
e-mail: mtssabilulmuttaqien@yahoo.com
STANDAR ISI |
STANDAR PROSES |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN |
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
STANDAR SARANA DAN PRASARANA |
STANDAR PENGELOLAAN |
STANDAR PEMBIAYAAN |
STANDAR PENILAIAN |
1. STANDAR ISI | |
Komponen | Indikator |
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | 1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. 1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. 1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. |
1.2. Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik | 1.2.1.Madrasah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 1.2.2.Madrasah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. |
1. ISI | |||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | |||||||
1.1.1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
v SK Tim Pengembang Kurikulum v Notulen Rapat TPK v Daftar Hadir TPK v Dokumen I KTSP | Kekuatan o Madrasah kami telah membentuk Tim Pengembang Kurikulum. o Madrasah kami kurikulum telah memuat 5 kelompok Mapel. o Madrasah kami kurikulum telah memuat 11 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. o Madrasah kami memiliki kurikulum yang memuat 7 prinsip pengembangan kurikulum. o Madrasah kami memiliki kurikulum yang memuat 7 prinsip pelaksanaan kurikulum. o Madrasah kami telah mengesahkan kurikulum kepada Kementrian Agama Kabupaten o Madrasah kami telah mereview kurikulum setiap tahun. Kelemahan o Madrasah kami hanya mensosialisasikan kurikulum kepada dewan guru dan Siswa | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
| Tahap ke-4 | √ | Tahap ke-3 | Tahap ke-2 | | Tahap ke-1 | |
Kurikulum Madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum Madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. | Kurikulum Madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP. | Kurikulum Madrasah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNPnamun masih memerlukan pengembangan | Kurikulum Madrasah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP. | ||||
Rekomendasi v Madrasah kami perlu mensosialisasikan kurikulum kepada semua warga Madrasah dan pemangku kepentingan terkait. | |||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | |||||||
1.1.2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
v Dokumen I KTSP v Notulen Rapat Dinas v Penetapan Muatan Lokal | Kekuatan o Kurikulum Madrasah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan karakter daerah. o Kurikulum Madrasah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan sosial masyarakat. o Kurikulum Madrasah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan kondisi budaya. o Kurikulum Madrasah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan usia peserta didik. o Kurikulum Madrasah kami telah mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran. Kelemahan o Kurikulum Madrasah kami belum terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajarajan. | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
| Tahap ke-4 | √ | Tahap ke-3 | | Tahap ke-2 | | Tahap ke-1 |
Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal. | Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran. | Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. | Kurikulum Madrasah kami disusun belummempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. | ||||
Rekomendasi: o Kurikulum Madrasah kami dapat mengintegrasi dalam silabus setiap mata pelajarajan serta dapat menjadi rujukan Kabupaten dalam pengembangan kurikulum lokal. | |||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan | |||||||
1.1.3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
v Dokumen I KTSP v Kalender Pendidikan v Program Remidial dan Pengayaan v Jadwal Pelajaran | Kekuatan o Kurikulum Madrasah kami telah memuat 11 Mata Pelajaran. Muatan Lokal dan Pengembangan diri. o Kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu 40 menit per- jam pelajaran. o Madrasah kami telah melaksanakan layanan pembelajaran yang bersifat perbaikan dan pengayaan. Kelemahan o Madrasah kami telah melaksanakan tambahan 4 jam pelajaran setiap minggu | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
| Tahap ke-4 | √ | Tahap ke-3 | | Tahap ke-2 | | Tahap ke-1 |
Struktur kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik. | Struktur kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan. | Struktur kurikulum Madrasah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan. | Struktur kurikulum Madrasah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, serta program remedial dan pengayaanbelum pernah dilaksanakan. | ||||
Rekomendasi: o Madrasah kami perlu menyesuaikan pelaksanaan tambahan 4 jam pelajaran setiap minggu. |
1.2. Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik | |||||||
1.2.1. Madrasah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
v Program BK v Jurnal Kegiatan BK v Buku Kasus | Kekuatan o Madrasah kami telah menyusun program Bimbingan dan Konseling. o Madrasah kami telah memenyediakan layanan Bimbingan dan Konseling bagi pesertab didik o Madrasah kami telah melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling yang memadai bagi peserta didik. Kelemahan o Madrasah kami belum sepenuhnya mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konsel untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri peserta didik. o Madrasah kami belum sepenuhnya melaksanakan tindak lanjut. o Madrasah kami belum menyusun laporan kegiatan Bimbingan dan Konseling. | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
| Tahap ke-4 | | Tahap ke-3 | √ | Tahap ke-2 | | Tahap ke-1 |
Madrasah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per-kasus sesuai kebutuhan peserta didik. | Madrasah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | Madrasah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | Madrasah kami belum mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik. | ||||
Rekomendasi: o Madrasah kami perlu sepenuhnya mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri peserta didik. o Madrasah kami perlu melaksanakan tindak lanjut secara menyeluruh. o Madrasah kami perlu menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. | |||||||
1.2. Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik | ||||||||
1.2.2. Madrasah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | ||||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | |||||||
v Progran dan Perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler v Jadwal Kegiatan v Jurnal kegiatan ekstrakurikuler v Daftar Hadir | Kekuatan o Madrasah kami telah menyusun program dan perencanaan kegiatan ekstra kurikuler. o Madrasah kami telah menyediakan 14 jenis kegiatan pengembangan diri sesuai kebutuhan peserta didik. o Madrasah kami telah melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat, minat jenis kelamin dan tingkat perkembangan peserta didik. o Sekaolah kami telah membuat laporan dan penilaian kegiatan ekstrakurikuler kepada orang tua. o Madrasah kami telah mengakomodir semua kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Kelemahan o Madrasah kami belum sepenuhnya melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakurikuler di Madrasah . | |||||||
Tahapan Pengembangan | ||||||||
| Tahap ke-4 | √ | Tahap ke-3 | | Tahap ke-2 | | Tahap ke-1 | |
Madrasah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yangdisesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakurikulernya. | Madrasah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik. | Madrasah kami menyediakan kegiatan ekstrakurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. | Madrasah kami belum mampu memberikan kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik. | |||||
Rekomendasi: o Madrasah kami dapat menyesuaikan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat setiap peserta didik serta melibatkan masyarakat dalam pengembangannya. | ||||||||
| ||||||||
2. STANDAR PROSES | ||||||||
Komponen | Indikator | |||||||
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar | 2.1.1. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP. 2.1.2. Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok. | |||||||
2.2. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik | 2.2.1. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. 2.2.2. RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. | |||||||
2.3. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat | 2.3.1. Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah. 2.3.2. Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. | |||||||
2.4. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik | 2.4.1. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 2.4.2.Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi. | |||||||
2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan | 2.5.1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. 2.5.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas. | |||||||
2. STANDAR PROSES | |||||||
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar | |||||||
2.1.1. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP. | |||||||
Bukti-Bukti Fisik | Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik | ||||||
v Silabus v Dokumen I KTSP v Berita acara Review v Daftar Hadir Review | Kekuatan o Madrasah kami telah mengembangkan silabus berdasarkan Standar Isi (SI). Standar Kompetens Kelulusan (SKL) dan panduan KTSP ( BSNP ). o Madrasah kami telah mereview silabus setiap tahun secara berkala. o Madrasah kami telah menandatangani semua silabus kepada kepala Madrasah . Kelemahan | ||||||
Tahapan Pengembangan | |||||||
√ | Tahap ke-4 | Tahap ke-3 | | Tahap ke-2 | | Tahap ke-1 | |
Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi Madrasah . | Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. | Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. | Silabus kami belum sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. | ||||
Rekomendasi : | |||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar