Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
PEER TEACHING –
PLPG 2011
Satuan Pendidikan
|
:
|
MTs. Sabilul Muttaqien
|
K e l a s
|
:
|
VII (Tujuh)
|
Semester
|
:
|
I (Gasal )
|
Mata Pelajaran
|
:
|
FIKIH
|
Tema
|
:
|
TAHARAH
|
Pertemun Ke
|
:
|
1 (satu)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40
menit
|
A.
Standar Kompetensi
1. Melaksanakan ketentuan taharah
(bersuci)
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menjelaskan macam-macam najis
dan tatacara taharahnya ( bersucinya
)
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ø
Menjelaskan pengertian najis
Ø
Menyebutkan macam-macam najis
Ø
Menjelaskan tata cara membersihkan najis
D.
Tujuan Pembelajaran
Ø Siswa dapat menjelaskan pengertian Najis
Ø Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
Ø Siswa menjelaskan tata cara membersihkan najis
§ Karakter siswa yang diharapkan:
o Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab
§
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
o Percaya Diri, Berorientasi Tugas dan hasil
E.
Materi Ajar
§
Pengertian najis
§
Macam-macam najis
§ Ketentuan dan tatacara membersihkan najis
F.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Diskusi
§
Kerjak kelompok
§ Pameran dan Shopping
G.
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Nilai Yang Ditanamkan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Salam dan do’a
§
Absen siswa
Motivasi :
§ Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat
mempelajari materi seputar najis,
macam-macam najis dan tatacara
membersihkannya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
|
Religius
Jujur
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung- Jawab
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
Fase Eksplorasi :
§ Siswa membaca literatur/referensi
tentang najis, dan macam-macam najis.
§ Siswa mengamati demonstrasi guru
tentang cara membersihkan macam-macam najis
§ Guru membimbing siswa untuk membagi menjadi 3 kelompok
Fase Elaborasi :
§ Siswa Membuat bagan tentang
pembagian najis dan tatacara menyucikannya
§ Pameran hasil karya
kelompok dan saling mengomentari
§ Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan
Fase Konfirmasi :
§ Penguatan tentang pengertian najis,
macam-macam najis dan cara
membersihkanya
|
50 Menit
|
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Guru memberikan penilaian lisan untuk melihat sejauh
mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari
§ Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
§ Guru memberikan tugas individu
untuk pengayaan
|
15 menit
|
H.
Sumber belajar dan media
pembelajaran
§ T.Ibrahim-H.Darsono,2008, PENERAPAN FIKIH UNTUK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH, Solo PT. Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri, hal.4-6.
§
Buku
yang relevan dengan mata pelajaran fikih
§ Kertas manila atau lainnya untuk bahan praktek
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian najis
§ Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
§ Siswa dapat menjelaskan cara
membersihkan najis
|
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes Lisan/
|
Uraian
Pilihan Ganda
Uraian
|
§ Jelaskan apa yang dimaksud dengan najis....?
§ Najis ringan adalah :
a.
Mugholladhoh
b.
Mukhoffafah
c.
Mutawashithoh
d.
§ Jelaskan
cara membersihkan najis
mutawasitthoh
|
Jambi, September 2011
Mengetahui/ Menyetujui Peserta
ybs.
Instruktur
........................................... Hardianto,
S.Pd.I
NIP./NIA No.Peserta
1110092372002
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar